6 Universitas dengan Jurusan Desain Grafis Terbaik di Indonesia – Ingin menjadi desainer grafis? Di Indonesia, terdapat banyak sekali universitas dengan jurusan desain grafis terbaik, lho. Salah satunya bahkan masuk ke dalam daftar jurusan kesenian terbaik di seluruh dunia.

Kalau ingin tahu apa saja universitas bagus yang memiliki jurusan desain grafis, tenang saja. smkpembangunan.net sudah menyiapkan rekomendasi khusus untukmu yang ingin kuliah S1 atau mungkin melanjutkan S2 di salah satu kampus di bawah ini.

Penasaran, kan? Yuk, simak lebih lanjut!

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Universitas pertama dengan jurusan desain grafis terbaik yang ada di Indonesia adalah Institut Teknologi Bandung (ITB).

Melansir QS World University Ranking, ITB masuk ke dalam 150 besar kampus terbaik di seluruh dunia, berdasarkan kategori jurusan kesenian dan desain.

Baca Juga : 5 Fakta Menarik Jurusan Ilmu Komunikasi

Hal ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat baik, terutama bagi kampus Indonesia. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB sendiri memiliki tiga departemen, yaitu Seni Rupa Murni, Desain, dan Sosioteknologi.

Kalau ingin menjadi desainer grafis, kamu bisa mencoba masuk ke program studi Desain Komunikasi Visual yang ada di bawah Departemen Desain.

2. Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

Ketika bicara perguruan tinggi untuk para pecinta seni, siapa yang tidak kenal dengan Institut Kesenian Jakarta?

IKJ memiliki salah satu fakultas seni rupa terbaik yang ada di Jakarta dan juga Indonesia. Di universitas ini, terdapat jurusan Seni Rupa Murni, Kriya Seni, Desain Interior, Desain Produk, dan Desain Komunikasi Visual (desain grafis).

(DKV) yang ada di IKJ sudah terakreditasi A, lho. Jadi, tidak perlu diragukan lagi untuk materi perkuliahan dan juga kredibilitas lulusannya.

3. Universitas Trisakti

Universitas dengan jurusan desain grafis terbaik atau lebih dikenal dengan desain komunikasi visual yang selanjutnya adalah Trisakti.

Dilansir dari situs resmi FSRD Trisakti, kampus ini membuka program pascasarjana desain pada tahun 2009. Dengan fokus desain, program ini menjadi yang pertama di universitas swasta di Jakarta.

FSRD Trisakti sendiri sudah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A, menandakan bahwa kualitas program studi dan lulusannya sudah sangat baik.

Terdapat tiga program studi utama di dalam fakultas ini, yaitu Desain Produk Umum, Desain Transportasi, dan Desain Kriya.

4. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Program studi Desain Komunikasi Visual yang ada di Universitas Pelita Harapan (UPH) sudah terakreditasi A, lho. Kamu bisa memilih fokus jurusan desain grafis, animasi, atau sinematografi.

Untuk mendukung program pembelajaran, UPH menyediakan berbagai macam fasilitas seperti studio lukis, lab komputer, lab fotografi, dan masih banyak lagi.

Kalau berminat untuk menjadi desainer grafis dan kuliah di universitas swasta, UPH merupakan salah satu pilihan terbaik yang ada di Indonesia.

5. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) juga memiliki program studi Desain Komunikasi Visual, dengan jurusan Visual Brand Design dan Interaction Design.

Di dalam kedua jurusan tersebut, kamu bisa benar-benar mendalami desain grafis dengan lebih terfokus, dan lulus dengan gelar S.Ds atau sarjana desain.

Akreditasi program studi kampus yang ada di area Tangerang ini adalah A.

Kalau tertarik dengan desain grafis yang lebih modern dan visioner, UMN bisa jadi pilihan kampusmu.

6. Universitas Kristen Petra (UK Petra)

Universitas dengan jurusan desain grafis terbaik yang terakhir adalah Universitas Kristen Petra (UK Petra), dari Surabaya. UK Petra merupakan kampus swasta dengan program studi DKV yang sudah terakreditasi A.

Fasilitas di kampus ini sangat lengkap, sehingga dapat membuat proses pembelajaran jadi nyaman dan terpenuhi kebutuhannya. Ada lab multimedia dan grafis, studio fotografi dan gambar, dan masih banyak lagi.